Agama Budi

“Tak ada satupun ajaran yg dapat menjelaskan apa yg sesungguhnya, karena yang sesungguhnya merupakan apa yang kita alami sendiri. Maka itu sibuklah mendandani dalam diri, karena lebih seru lebih nyata, tidak mungkin diperdebatkan seperti yang sibuk mendandani apa yang ada di luar.”

Banyak sekali jalur untuk mendaki gunung. Pemandangan dan pengalaman dari setiap jalur tentu berbeda, namun puncaknya tetap sama, dan pada akhirnya mempertemukan kita dengan keberagaman yang menyeimbangkan.

Itulah ilustrasi mengenai pengalaman beragama. Jika agama dimaknai sebagai kumpulan dari sejumlah aturan, dogma, dan filosofi, maka agama menjadi sesuatu yang kaku dan bertolak belakang dengan kasih sayang yang lentur dan tak bersyarat. Sebab hanya kasih sayang yang dapat mewadahi dorongan naluriah manusia untuk terbang bebas agar dapat mengembangkan kreativitas, dan selalu terhubung pada jati dirinya.

Budaya leluhur Jawa menyebutnya dengan Budi atau buddhi, yang bermakna kesadaran sejati. Hal ini menekankan bahwa leluhur Jawa meyakini bahwa setiap manusia, secara instingtif memahami ritme semesta yang indah. Paham di dalam sanubarinya, merenunginya, dan sungguh-sungguh melaksanakannya sebagai sikap dalam kehidupan.

Maka dari itu, tembus dan lampauilah sempitnya penglihatan yang terbatas itu. Melalui batin yang melihat dari atas, akan tampak dengan jelas seluruh jalur menuju puncak gunung, yang menjadi simbol perjalanan menuju kesadaran sejati.

Rahayu.

Satu tanggapan untuk “Agama Budi

  1. Kalau bisa karya2 yg indah dan inspiratif ini disatukan dalam sebuah kitab,jadi manfaatnya akan lebih luas cakupan pembacanya..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s