Prana

Betapa uniknya caraMu mendewasakanku, Sehingga aku tak pernah bosan menjalani kehidupan ini. Sebab keberadaanMu telah menghidupkan daya yang begitu kompleks, dimanapun kuberada.

Aku tak bisa menahan keinginan untuk mengalami penyatuan denganMu. Pikiran dan segala hasratku tertuju pada itu. Maka jadilah semua makhluk di muka bumi mengalami anugerah pembebasan, sebab semua sudah jelas terlihat pada sikap yang terus-menerus.

Dan terutama pada saat ini, dimana aku tak bisa memikirkan hal lain selain diriMu!

Pada awalnya, segalanya adalah kosong; berupa lautan kesadaran yang belum termanifestasi. Sebuah titik keseimbangan sempurna yang dalam naskah yogic kuno disebut dengan para brahman, yang berarti absolute atau supreme reality.

Dalam totalitas keheningan ini, sebuah gerakan terjadi oleh karena hasrat yang bersumber dari kreativitas, yang lalu melahirkan keinginan-keinginan. Dan keinginan itu bergetar menjadi apa yang disebut sebagai spandan, yaitu vibrasi.

Energi primal yang mengakibatkan gerakan pertama tersebut adalah mahaprana, yang memiliki nama lain sebagai mahashakti, atau juga sering dikaitkan dengan istilah mahamaya, yang bermakna kekuatan ilusi. Hal ini disebabkan oleh karena gerakan tersebutlah, prana berkelana secara mandiri, dan berada dalam permainan konstan untuk terus-menerus berkoneksi dengan realitas tertinggi.

Prana tidak pernah terspisah dari kesadaran sejati, dan eksis dalam keabadian sebagai potensi dari kesadaran itu sendiri.

Para yogi menafsirkan prana sebagai kekuatan yang membagi dirinya menjadi lima elemen dasar penopang kehidupan, yang memiliki tingkat kepadatan, variasi, serta kombinasi tertentu. Dengan kata lain prana tinggal dalam setiap kreasi yang ada di jagat raya ini, baik itu makhluk hidup ataupun benda mati.

Yoga meyakini seluruh isi kosmos hidup dan berdenyut melalui prana. Setiap aksi, pikiran, pertumbuhan, penuaan, ada dan meniada dengan kekuatan prana. Kita sendiri sebagai manusia dilahirkan dengan kuantum prana tertentu, yang kualitasnya dapat ditambah atau dikurangi baik melalui nafas, pikiran, makanan, tingkah laku, serta jenis kehidupan yang dijalani.

Atas dasar itulah olah napas menjadi salah satu latihan populer dalam sejumlah praktek spiritual, termasuk yoga dengan sistem pranayama, yang berfungsi untuk memperluas jangkauan prana.

Saya ingin berlatih pranayama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s