Introduction to Yoga

1. The Ultimate Purpose of Yoga

Secara umum yoga adalah sebuah perjalanan dan penelitian melaui serangkaian latihan berupa asana, pranayama, dan yang paling utama adalah meditasi.

Apa yang diteliti? Para yogi memahami bahwa tidaklah mungkin untuk mempelajari dan memahami semesta yang mahaluas ini, sehingga ia menjadikan dirinya sendiri beserta seluruh hidupnya sebagai objek untuk mempelajari semesta alam. Ia menempatkan dirinya sebagai replika semesta, dan menggunakannya sebagai alat untuk dapat menjangkau ruang yang lebih luas. Para yogi memegang kepercayaan bahwa segala sesuatu yang mengada, berasal dari dalam diri.

Hal ini tentu berkaitan dengan makna dari kata yoga yang berarti unity atau oneness, yakni penyatuan dengan yang tak terhingga. Secara spesifik, mereka menyebutnya sebagai ‘penyatuan kesadaran individu dengan kesadaran universal’.

2. Yogasanas

Praktisi Hatha yoga mendapati bahwa posisi tubuh tertentu dapat membuka channel energi dan bahkan pusat-pusat spiritual. Untuk itu yogasanas menjadi salah satu instrumen untuk meningkatkan kesadaran. Salah satu pernyataan yang paling populer mengenai yogasanas datang dari Maharshi Patanjali dengan ‘Sthiram sukham aasanam’, yang berarti posisi yang stabil dan nyaman.

Patanjali sendiri menyatakan bahwa yoga yang ia maksud adalah meditasi, sehingga jelas posisi stabil dan nyaman yang dimaksudkan pun adalah postur untuk bermeditasi. Bahkan, seluruh dinamika dan variasi yogasanas pada akhirnya ditujukan agar seseorang dapat duduk dengan lebih lama dan nyaman selama bermeditasi.

“You must be able to sit in one of the meditation asanas for a full three hours at a stretch without the body shaking. Then only you will gain true asana siddhi, mastery over the asana, and be able to practice the higher stages of pranayama and dhyana. Without securing a steady asana you cannot progress well in meditation. The more steady you are in your asana, the more you will be able to concentrate with one-pointed mind. If you can be steady in a posture even for onw hour, you will be able to acquire a one-pointed mind and feel the atmic anandam, infonite peace and soulful bliss inside you.” ~ Swami Sivananda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s