Vinyasa

Ada tiga pengertian dari istilah vinyasa. Yang pertama dan yang esensial adalah connecting with the breath, yakni sinkronisasi antara gerakan dengan nafas. Ini juga berkaitan dengan istilah ‘move with the breath’, dan juga ‘follow the breath, and let the asana comes’ yang menegaskan bahwa gerakan vinyasa terjadi bersamaan dengan nafas.

Yang kedua dan umum dikenal- juga menjadi tema/judul/ bahkan salah satu style dari hatha yoga, adalah vinyasa sebagai sebuah sekuens gerakan yang dinamis, mengalir, sambung-menyambung dari satu asana (postur) ke asana lainnya.

Dan yang ketiga, adalah vinyasa sebagai istilah yang familiar di kelas ashtanga yoga, yakni gerakan flow dasar: downdog- upward dog- downdog, yang dilakukan secara repetitif untuk menjaga panas tubuh.

Secara filosofis, dinamika gerakan vinyasa mengingatkan kita pada putaran roda karma dan dharma, dan bahwa pergerakan dan perubahan adalah sesuatu yang baik dan membawa keseimbangan. Sementara dalam prakteknya, vinyasa bermanfaat untuk menciptakan energi, meningkatkan konsentrasi, memberi sensasi ringan dan kemudahan dalam bergerak, serta estetika dalam beryoga.