Nusa Dharma

Nusa berarti pulau, sementara Dharma adalah sebuah tugas kebajikan alam berupa siklus yang bertujuan untuk membawa keseimbangan. Sesuai dengan namanya, tempat ini berubah dengan sangat cepat, memberi kejutan dan kebaruan seolah tak mengizinkanku untuk merasa bosan.

Menariknya meski selalu ada pembaharuan  (biasanya berupa pemangkasan tanaman yang efeknya dramatis), tempat ini tidak pernah kehilangan daya magis melalui perasaan nyaman dan tenang yang ditimbulkan, serta kekaguman terhadap keasriannya.

Sedikit lebih ke dalam, berdiri sebuah pura yang ditata bagaikan rumah, memberi kesejukan dan menegaskankan kesucian wilayah ini. Satu lagi yang menarik adalah sebuah patung kura-kura yang terletak di sisi kanan luar Pura, sementara bagian belakang yang berbatasan langsung dengan lautan pun menyajikan keindahan alam yang membuat betah untuk berdiam lama. Ada kesan di bagian ini seperti pintu gerbang ke dunia yang lebih luas. Darisana terdengar riuh ombak yang menciptakan semacam pusaran kala ia mengahantam karang. Tidak jarang pula ditemukan sejumlah canang dan bekas dupa yang dibakar.

Setelah sekurangnya dua tahun rutin mengunjungi pulau ini, baru sekali saya bertemu dengan seekor monyet yang tinggal menyendiri di dekat pura. Sesuatu yang tentunya tidak biasa sebab monyet lumrahnya tinggal berkelompok. Menurut temanku tukang kebun yang biasa bertugas menjaga kebersihan tempat ini, monyet tersebut biasanya mencari makan di pura berupa buah-buahan yang ditinggalkan oleh para pengunjung yang bersembahyang. Berbeda dengan monyet yang sangat jarang terlihat, belakangan biawak gemuk dengan panjang sekitar satu setengah meter entah mengapa lebih sering keluar kandang, mondar-mandir di areal pinggir pantai di dekat jalan masuk menuju pulau. Awalnya ngeri juga, sebab di tempat inilah pertama kali saya melihat biawak yang berukuran sangat besar, sementara satunya lagi saya jumpai di pantai tanah lot.

Tak jauh dari Nusa Dharma terdapat Pulau Pennisula, dimana pulau yang satu ini lebih favorit bagi wisatawan untuk melakukan aktivitas baik untuk sekedar berjalan, bersepeda, mengambil gambar, atau yang paling lumrah adalah berolahraga. Di pulau inilah terdapat area wisata waterblow dimana kita dapat menyaksikan hantaman gulungan ombak raksasa yang dashyat ke dinding karang, menciptakan letupan bak kembang api yang berbuih seputih salju. Sangat spektakuler.

Sebelum Nusa Dharma awalnya saya lebih sering beryoga di kawasan Pennisula, namun seiring dengan keramaiannya yang meningkat, saya pun mencari tempat lain yang lebih nyaman, dan syukurnya saya menemukan area pulau sebeluh yang sangat cocok untuk yoga.

Kedua pulau ini menjadi cikal bakal nama Nusa Dua yang berarti dua pulau. Ceritanya dapat ditemukan di sejumlah halaman dunia maya. Bagi teman-teman yang ingin menjelajahi Nusa Dua, khususnya Nusa Dharma, dengan senang hati akan saya ajak berkeliling.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s