Satu Dan Dimana-Mana!

Beautiful sky

Pemahaman tentang prana sangatlah sederhana, mudah dipahami, dan membebaskan. Prana yang merupakan daya atau energi vital adalah penopang dan pengokoh segala kreasi yang mengada. Dengan begitu prana adalah basis dari kreasi yang bermanifestasi di dunia, baik itu makhluk yang bergerak ataupun benda mati.

Prana melakukan itu dengan membagi dirinya menjadi lima wujud energi yakni: air, api, tanah, udara, dan akasha.

Kita sendiri memiliki kualitas prana tertentu, menjaga dan mengaturnya, entah dengan menambah atau menguranginya melalui nafas,  makanan, pikiran, tindakan, dan jenis kehidupan yang mendorong kita pada tujuan tertentu. Bahkan disebutkan bahwa semua jenis tradisi spiritual entah itu meditasi, pemujaan melalui doa yang diucapkan dengan lantang, persembahan, disiplin diri tinggi seperti puasa dan lain sebagainya, adalah upaya untuk membangkitkan dan menambah kualitas prana dalam setiap unit dalam diri kita.

Dengan begitu, nafas yang merupakan medium dari prana, adalah sarana yang sempurna untuk terhubung pada esensi ketuhanan!
Melalui nafas, kesadaran berkembang bahwa Tuhan hanyalah satu dan ada dimana-mana. Memahami tentang esensi nafas serta Beliau yang meliputi keseluruhan ini, menjadi fondasi yang kuat dalam membangun hubungan baik terhadap sesama dan semua makhluk yang hidup berdampingan bersama kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s